Monday, October 25, 2004

Koalisi untuk Kebebasan Informasi

Situs ini merupakan situs (amat sangat sementara) dari Koalisi untuk Kebebasan Informasi. Koalisi yang terbentuk bulan Desember 2000 kini terdiri dari kurang lebih 40 LSM dan individu yang peduli tentang isu kebebasan informasi.

Koalisi ini memandang bahwa informasi merupakan hak publik, oleh karena itu perlu ada jaminan hukum secara penuh terhadap kebebasan informasi. Dalam advokasi isu kebebasan informasi, Koalisi melakukan berbagai upaya seperti diskusi publik, kampanye, penerbitan buku, kajian, analisa juga mengajukan draft RUU Transparansi dan Kebebasan Memperoleh Informasi Publik. Draft dari Koalisi ini diterima sebagai RUU inisiatif oleh DPR pada bulan Maret 2002. Bulan Juli 2004, Pansus DPR telah menyelesaikan pembahasan terhadap RUU tersebut. Dalam waktu dekat, perjuangan kebebasan informasi akan berada di tangan pemerintah yang sayangnya selama ini bersikap konvensional.

Selama ini ada sejumlah isu kebebasan informasi yang menjadi pembicaraan hangat, antara lain soal peran Komisi Informasi dalam sengketa informasi, kebebasan informasi vs keamanan nasional (national security), kebebasan informasi dan tata pemerintahan yang baik (good governance, kebebasan informasi dan pemberantasan korupsi dan kewajiban badan publik membuka akses terhadap informasi publik.

Koalisi mengundang partisipasi publik untuk ikut serta dalam advokasi RUU kebebasan informasi. Informasi lebih jauh tentang Koalisi untuk Kebebasan Informasi dapat anda peroleh dengan menghubungi kontak kami. Terimakasih atas perhatian anda.